Selasa, September 08, 2009

Indeks BISNIS-27 @ 7 September 2009

Pada perdagangan awal pekan ini, pergerakan indeks BISNIS-27 melanjutkan kenaikan akhir pekan lalu dengan kenaikan tipis sebesar 0,77% ditutup di level 208,96. Penguatan indeks mengikuti gerakan positif indeks regional Asia Pasifik yang bergerak menguat ditopang oleh ekspektasi hasil yang positif dari pertemuan G-20. Indeks Hang Seng naik 1,53%, indeks STI Singapura naik 1,43%, dan indeks Nikkei-225 naik 1,31%.



Namun, investor di dalam negeri masih melakukan selective buying terhadap saham-saham pertambangan dan cenderung memilih saham infrastruktur dan perbankan, selain saham emiten CPO.



Saham Adaro Energy (ADRO) dan Medco Energi Internasional (MEDC) bergerak melemah, begitu juga dengan saham Aneka Tambang (ANTM) dan PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA). Namun, saham Indo Tambangraya Megah (ITMG) dan Internasional Nickel Indonesia (INCO) bergerak menguat tipis masing-masing 0,21% dan 0,59%.



Saham CPO seperti Astra Agro Lestari (AALI) dan London Sumatera (LSIP) bergerak menguat ditopang sentimen positif permintaan masyarakat yang meningkat terhadap produk turunan CPO menjelang Idul Fitri dan selama bulan Ramadhan ini. Selain itu, naiknya permintaan CPO dari India dan China yang ditargetkan melebihi 1,5 juta ton pada September ini, ikut mendongkrak saham CPO pada perdagangan kemarin.



Rencana Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) untuk memberikan akses kepada importer asing terhadap produk yang ditawarkan di pasar fisik CPO, berpeluang mendongkrak harga CPO dalam negeri.



Selain saham CPO, saham perbankan juga menjadi incaran investor. Menjelang Idul Fitri saat ini, dipastikan belanja masyarakat akan meningkat, sehingga berpotensi meningkatkan penyaluran kredit konsumsi bagi masyarakat. Saham Bank Central Asia (BBCA) naik 2,92% dan saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI) naik 2,11%.



Dari sektor infrastruktur, saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) bergerak menguat ditopang ekspektasi naiknya pendapatan Telkom dari pos komunikasi data dan internet serta suara dalam program promo sepanjang Agustus-September ini bertepatan dengan bulan puasa dan menyambut Idul Fitri.

Tidak ada komentar: