Kamis, Januari 07, 2010

Derita ketinggalan angkot di pancuran 7…

Awalnya gw berlibur ke purwokerto niatnya cm pngn refreshing, menenangkan pikiran..berlibur di rmh mbah gw yang sangat tenang rumahnya..bawaannya klo di rmh mbah gw tuh, males bgt n pngn tdr aja hehe

Gw rencananya brkt kamis tgl 31 dec, tiket kereta juga udah beli, tiket balik juga udah dipesenin dari purwokerto..wahh pokoknya gw tinggal jalan ajalah, ternyata hari minggunya (27/12) pas gw lg main ke rmh indra, anak2 lg pd kumpul di rmh supri sebelah rmh indra, jadilah kita pada ngumpul n ngobrolin mlm thn baru mau kemana.. gw blg gw mau ke purwokerto..lgsg mereka serentak mau ikut..yaa udah gw makin seneng liburan gw ke rmh mbah gw makin rame..

Jadilah agenda utama kita ke purwokerto adalah baturaden. Kita sampai sana kamis sore atau tgl 31 sore, sekitar jam 9 mlm kita bergerak ke alun2 purwokerto jalan kaki dari jalan sekolah teknik (rumah mbah gw) ke alun2.. sembari foto2 lewat tugu dpn bank Indonesia. Sampai di alun2 orang udah rame bgt, mobil2 kena macet.. kita sempet pngn balik lg ke rmh, terus mau lewatin mlm thn baru di rmh aja ngobrol di teras..tp niat itu urung karena kita nemuin lesehan yang oke juga lokasinya, nongkrong lah kita di situ sambil awalnya pesen wedang jahe eh merembet pesen mi goreng..hehehe

Selesai makan, kita mau bergerak pulang, tp karena udah jam 23.50 tanggung klo pulang mending ke alun2 lagi aja dan lewatin pergantian tahun 00.00WIB di alun2.. dan Alhamdulillah kesampaian juga.. puas merekam fireworks, kita pulang..lgsg tidur..

Keesokan harinya, Jumat (1/1) kita pesen tiket bis pagi2, buat yg belum punya tiket pulang.. supri n indra yg pergi ke terminal, dapetlah tiket bis yg dibutuhin trus lanjut sholat jumat… abis jumatan sekitar jam stg 2 baru deh kita bergerak ke baturaden jalan kaki dulu ke perempatan lampu merah ayam bangkong (deket warung soto ayam bangkong)

Pas mau brkt, kita dapet angkot yg agak freak..nungguin kita di perempatan..mpe tega nurunin penumpangnya buat ngangkut kita yg berenam, risih juga kita ditungguin gitu..akhirnya kita jalan lah ke alfamart sekalian “melarikan diri” dari kenek n supir angkot itu.. dan berhasil.. kita belanja di alfamart, trus gak lama ada angkot yg emg kosong dan gak neko2..nungguin kita, tp masalahnya skrg ada di kita. Si jefa n inul belanjanya lama bgt, pdhl si pipit yg cewe aja udah selesai dari td..ampunn dah..ternyta klo mereka di lepas belanja bs ngabisin waktu lebih dari cewe..pdhl yg dibeli minuman botolan aja ama snack.. ckckckck..parahhh..

Sampainya di baturaden, kita mulai lah mengeksplor dan berpetualang, sampai kita mengalami suatu peristiwa yg gw juga ga tau nih harus ngomong apa.. tp bener2 bikin liburan kmrn jd sangat berkesan…

But alrite gw coba ceritakan..

Sebenernya sih ga ada sesuatu yg istimewa di awal gw berangkat ke baturaden, kecuali gw emg udah ke sana bbrp kali sebelumnya, gw ngerasa biasa ajan niatnya yahh nikmatin udara pegunungan deh.. selain gw, temen kita satu lagi si supri (mpay) juga sebelumnya emg pernah ke situ.

Tapi…itu sebelumnya… sebelum gw n frens ngerasain pengalaman yg tak terlupakan ketika mau pulang dari pancuran 7.

Saat itu waktu udah deket magrib, kita masih aja di pancuran 7, masih shoot video, foto, ada si mpay n jefa yg lg bersihin badan, baru ketika gw duduk di taman..gw nyadar ternyata emg tinggal kita sendiri.. Cuma di situ suasana masih terang, ga keliatan klo itu udah magrib..makanya kita masih enjoy bgt.

Begitu kita keluar dari pancuran 7, ada sedikit ragu sih apa angkot masih ada apa ngga ya..Cuma gw masih optimis kyknya angkot masih ada deh..oke kita akhirnya terus mendaki anak tangga untuk keluar dari pancuran 7.. nah, pas udah mau deket pintu keluar tiba2 ada orang kasih tau klo angkot udah gak ada.. oo..oww.. tp gw masih optimis paling nti ada lah satu angkot yg baik hati nyamperin kita di pintu masuk. Gw juga mikir, masa sih org penjaga loket lupa ama kita yg udah nitip angkot untuk pulang.

Ternyata pas nympe pintu keluar, di sana udah ada jefa n inu duluan, mereka jg bilang klo angkot udh ga ada..gw juga liat ke sekeliling parkiran udah sepi bgt.. seperti ga pernah ada tanda kehidupan. Gw lgsg ngeh dgn kenyataan itu, gw gak pernah ngebayangin klo mesti jalan kaki pulang dari pancuran 7 pas magrib2 begitu plus ujan rintik2.. mana langkah udah cape bgt.. yg ada dipikiran gw saat itu cuma satu, harus pulang.. tp ga tau mau lewat jalan mana.. jalan yg td brkt gak kepikiran karena setapak lewat hutan mana udah makin gelap.. ada lagi jalan aspal mulus biasa dilewatin mobil, tp kita ga tau arah jalan itu kemana dan apa benar itu jalan ke arah keluar baturaden?soalnya arah jalannya itu membelakangi lokasi wisata. Kita dihinggapi kebingungan. Gw sempet ngikutin langkah anak2 melewati jalan aspal itu dan gw tau knp mereka ga mau milih jalan setapak krn lewat hutan gelap dan bisa tersesat. Tp jalan aspal juga kita ga tau itu ke arah mana..

Saat itu gw juga bingung mau pilih jalan mana..gw rasanya berat bgt klo lewat jalan aspal yg kita ga tau arahnya, risiko kesasar lebih tinggi klo lewat jalan itu, sedangkan jalan setapak lewat hutan kita udah pernah lewatin meskipun makin gelap dan ada risiko kesasar juga.. tp gw liat kea rah kota itu searah dgn jalan setapak, jadi gw pikir knp harus menempuh jalan aspal yang berlawanan arah dgn posisi kota? Akhirnya gw putar arah ke jalan setapak, tp sebelumnya gw ajak jefa nyatet nmr telp kantor baturaden yg di pasang pohon, di mulut jalan setapak itu, udah selesai nyatet.. perasaan gw makin kuat utk lewat jalan setapak didukung juga ama jefa, akhirnya gw berteriak agak keras ke mereka yg masih ada di jalan aspal untuk ke posisi gw n jefa.. begitu anak2 udah komplit lgsg gw jalan n kita semua bergerak, gw jalan agak cepet balapan ama gelap..krn klo makin gelap makin ga jelas jalannya.. gw jalan cepet sambil tetep teriak yg gw laluin apa2 aja biar di belakang gw bisa aware dan hati2.. terus lampu senter di hp, gw nyalain, well..alhamdulillah hp E63 gw ada senternya.. terang bgt.. gw seneng bgt pny hp ini, gak nyesel gw milih hp ini dibandingkan blackberry bold wkwkwkwk…

Alhamdulillah sepanjang jalan gw ga melihat atau merasakan pengalaman mistis seperti yg temen2 gw rasain atau lihat, mgkn karena pikiran gw fokus cuma satu yaitu PULANG atau juga karena posisi gw paling depan sekaligus sebagai penunjuk jalan, jdnya yg ada di pikiran gw cuma nyari jalan aja meraba2 jalan, tangga/undakan.. cari langkah yg pas biar yg di belakang bisa prepare duluan klo tiba2 ada turunan undakan yang tajam dan licin.. entahlah..

Tp ada satu tempat yg feeling gw mengatakan kyknya kita punya risiko bakal “dikerjain” yaitu di deket jembatan gantung, yg udah rusak parah… dr pas dtg lewat daerah itu juga perasaan gw emg ga enak..serem bgt.. dan pas pulangnya itu, jalan di depan gw emg hampir tersamar.. antara belok kiri atau kanan dua2nya mirip!! Hampir ga bisa keliatan bedanya karena ketutup rumput..pdhl waktu dtg ga ada rumput di setiap undakan atau jalan, termasuk di lokasi itu yg ada cuma dipinggirnya aja.. tp akhirnya gw ngikutin perasaan gw n terpaksa melakukan sedikit gambling dgn pertimbangan, klo emg itu jalan yg bener pasti bahannya batu kali yang keras berundak, klo bukan begitu berarti jalan yg satu lagi, Alhamdulillah pas sekali nyoba lgsg bener..gw ambil kiri dan melanjutkan perjalanan…

Akhirnya sampailah kita di kolam teratai, kolam yang-baru tau kemudian klo itu angker-saat itu airnya tenang, sunyi, hmm..bener2 ga nyangka klo di situ bbrp waktu sebelumnya pernah ada dua org meninggal yg satu baru ketemu brp hari kemudian setelah terangkat naik dari dasar kolam.. pdhl kolamnya kecil, diameter sekitar 4 meter, di atasnya bunga teratai yg hampir menutupi seluruh permukaan kolam..

Selanjutnya kita turun lagi ke lokasi pemandian air hangat pancuran tiga, udah ada bbrp org yg baru dtg, tp gak negur kita, kyknya mereka mau bertapa deh.. kita berhenti sebentar di situ krn si pipit kena pacet kakinya..tp gak lama kita lanjut lagi dan ujan makin deras, hp harus dilindungi biar gak mati..tp hp gw gak punya plastic atau apapun buat nutupin akhirnya gw dekep aja ke dada gw dibalik jaket tp senternya tetep keluar.. sekitar 100 meter kemudian sebelum turun tangga, kita sampai di pendopo krn hujan makin deras makanya gw putuskan untuk berhenti dulu sebentar..liat ke sekeliling jalan mana lagi yang mesti ditempuh.. saat itu posisi kita udah di taman deket dengan kantor pengelola, tp karena gelap dan hujan lebat kita cuma bisa liat samar2 aja ke arah jalan keluar. Dan kondisi jalan keluarnya itu byk cabang.. dan di tengah2nya ada kali yang cukup lebar sekitar 15 meter dengan batu2 yg gueedee bgt..airnya cukup deres.. kita bisa aja turun ke kali itu buat nyebrang sperti pas siangnya kita nyebrang, tp saat itu kan kondisi jauh beda, air deres bgt, batu2nya pasti licin bgt.. akhirnya kita ga lama di pendopo itu, kita lgsg bergerak lagi menembus hujan dan mencari jalan tidak lewat sungai dan Alhamdulillah nemuin jembatan kecil.. sampailah kita di pintu keluar baturaden.. Alhamdulillah..

Oia, di pendopo itu ternyata ada peristiwa mistis juga yg gw baru tau kemudian, dari pipit n mpay.. mereka melihat sosok berjaket putih yg menambah jumlah kta mjd tujuh orang!!.. hiyyy..sereeemmm…

Sesampainya di terminal baturaden..hujan makin gede sih,..Cuma kita seneng bgt Alhamdulillah udah selamat,

Well, gitu deh para pembaca yg budiman.. sepenggal kisah liburan di baturaden..

So, Selamat liburan di manapun kalian berada dan berkunjung, tapi tetep berhati2 dan banyak berzikir..” you never know what you’ll have wherever and whenever you are”

Tidak ada komentar: