Rabu, September 30, 2009

Indeks BISNIS-27 @ 29 September 2009

Setelah terkoreksi 3,5% dalam dua hari sejak akhir pekan lalu, indeks BISNIS-27 berhasil rebound 2,14% pada perdagangan hari kedua pekan ini ditutup di level 219,22. Indeks bergerak menguat ditopang oleh berita positif di bursa Amerika Serikat yang berhasil mendongkrak indeks DJIA 1,28%.

Aksi korporasi emiten AS di sektor farmasi dan teknologi di antaranya saham Affiliated Computer Service Inc. melonjak 14% setelah Xerox Corp. setuju untuk membeli perusahaan tersebut dengan nilai US$6.4 miliar. Saham Abbot Laboratories naik 2.6% dengan adanya rencana untuk membeli unit farmasi Solvay SA dan mengendalikan obat kolesterol dari TriCor.
Beberapa aksi korporasi tersebut memberikan sentimen positif bagi prospek perbaikan ekonomi di AS. Harga minyak bergerak positif dengan kembali naik tipis ke level US$67 per barel, setelah dalam sepekan terakhir tertekan cukup kuat sebesar 8,33% ke level US$66 per barel.

Aksi beli investor juga ditopang sentimen positif dari bursa Tokyo, indeks Nikkei-225 akhirnya bergerak naik tipis 0,91%, mengakhiri pelemahan 5,07% dalam dua hari terakhir akibat sentimen negatif penguatan yen terhadap dolar AS. Yen berhasil terdepresiasi mendekati level 90 yen/US$, setelah beberapa hari lalu berada di level 87,1 yen/US$ atau posisi tertinggi yen terhadap dolar AS dalam 13 tahun terakhir. Posisi yen yang kuat terhadap dolar AS, membahayakan pendapatan emiten Jepang yang mayoritas adalah eksportir ke AS.

Tidak ada komentar: