Rabu, November 18, 2009

Ulasan Pasar edisi 18 November 2009

Indeks BISNIS-27 masih melanjutkan penguatannya di hari kedua pekan ini meskipun dengan kenaikan yang lebih rendah daripada kenaikan indeks di awal pekan. Indeks BISNIS-27 menguat 0,32% ditutup di level 229,08. Aksi koreksi mulai membayangi pergerakan indeks setelah rebound empat hari sebelumnya yang menopang indeks sebesar 3,77%.

Saham-saham penopang indeks beberapa hari sebelumnya seperti Astra Agro Lestari Tbk (AALI), Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan Gudang Garam Tbk (GGRM) mengalami koreksi oleh aksi profit taking jangka pendek yang sekaligus dipengaruhi faktor harga yang cukup mahal. Namun, beberapa saham masih membukukan gain seperti Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Semen Gresik Tbk (SMGR).

Sentimen positif melonjaknya harga emas untuk hedging karena dolar AS yang melemah terhadap sejumlah mata uang dunia seperti euro, menjaga minat beli investor terhadap saham ANTM.

Setelah mengkoleksi dan merealisasikan gain saham-saham komoditas, investor kembali beralih ke saham-saham infrastruktur yang didukung oleh prioritas APBN 2010 untuk perbaikan infrastruktur dan mengurangi biaya transaksi ekonomi untuk meningkatkan investasi dalam negeri. Saham Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan saham Semen Gresik Tbk (SMGR) bergerak naik masing-masing sebesar 0,67% dan 2,78%. Saham Jasa Marga Tbk (JSMR) menguat 1,63%.

Saham-saham berbasis konsumsi juga mulai bergerak naik oleh sentimen laju inflasi yang rendah hingga akhir tahun ini. Saham Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan saham Unilevel Tbk (UNVR) menguat 0,79% dan 0,47%

Tidak ada komentar: