Selasa, Desember 22, 2009

Ulasan indeks BISNIS-27 edisi 16 Desember 2009
Oleh Harry Setiadi Utomo, Analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit

Indeks BISNIS-27 kembali melemah pada perdagangan hari kedua pekan ini, Selasa (15/12) dipengaruhi oleh aksi jual saham investor asing. Indeks BISNIS-27 melemah tipis 0,39% ke level 233,39.


Perkembangan kasus Bank Century yang melibatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mendapat perhatian yang cukup besar dari pelaku pasar baik lokal maupun asing yang cukup khawatir bila Ibu Ani mengundurkan diri. Kekhawatiran tersebut tidaklah berlebihan mengingat kapabilitas Ibu Ani dalam menghadapi krisis likuiditas 2008 dan berperan cukup besar mengarahkan perekonomian Indonesia untuk dapat bertahan dan terus tumbuh hingga akhir tahun 2009 ini.

Rumor yang menyebutkan Ibu Ani akan mengundurkan diri menambah sentimen negatif di pasar. Selain itu, dari faktor pergerakan harga komoditas seperti emas dan minyak dunia yang masih belum menunjukkan tanda-tanda menguat di akhir tahun ini, memaksa investor untuk merealisasikan gain sekaligus untuk memenuhi kebutuhan liburan akhir tahun.

Saham perbankan menjadi saham penekan utama koreksi indeks pada perdagangan kemarin. Saham Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) turun 2,56%, saham Bank Mandiri Tbk (BMRI) turun 2,14%, dan saham Bank Central Asia (BBCA) turun 1,03%. Ekspketasi inflasi yang menguat pada 2010 seiring membaiknya perekonomian global memberikan sentimen negatif pada saham perbankan karena dipastikan akan diikuti oleh kenaikan BI rate yang saat ini dengan level 6,5% dirasakan pelaku pasar sudah cukup untuk memperbaiki tingkat konsumsi masyarakat.

Di sisi lain, saham-saham pertambangan bergerak rebound pada perdagangan kemarin setelah mengalami koreksi dalam dua hari terakhir sejak akhir pekan kemarin. Ekspektasi perbaikan ekonomi global pada 2010 yang akan diikuti oleh naiknya harga minyak dan emas dunia, mendorong aksi beli saham-saham pertambangan yang didukung oleh faktor harga yang sudah cukup murah di posisi penutupan Senin sehari sebelumnya.

Saham Bayan Resources Tbk (BYAN) menguat 1,82%, saham Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menguat 1,69%, saham Indika Energy Tbk (INDY) menguat 1,2%, dan saham PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) menguat 0,58%.

Tidak ada komentar: