Kamis, Desember 24, 2009

Ulasan Indeks BISNIS-27 edisi 23 Desember 2009
Oleh Harry Setiadi Utomo, Analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit

Indeks BISNIS-27 bergerak rebound oleh faktor teknis yang sebelumnya sejak awal pekan mengalami koreksi cukup dalam. Investor mengkoleksi saham-saham konstituen BISNIS-27 dengan perspektif investasi jangka panjang.

Indeks ditutup di level 230,71 menguat 1,48% dari posisi penutupan awal pekan. Faktor harga yang telah berada di areal oversold atau sangat murah menjadi pemicu investor untuk melakukan aksi kolektif memborong saham. Di sisi lain, faktor pergerakan indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) cukup memberikan sentimen positif dengan kenaikan awal pekan sebesar 0,83% yang diikuti oleh pergerakan indeks bursa saham regional seperti Hang Seng yang naik 0,69%, indeks Nikkei-225 naik 1,91%, dan indeks STI Singapura yang bergerak naik 1,33%.

Pergerakan harga minyak dunia yang bergerak sedikit menguat ke level US$73 per barel dari posisi akhir pekan lalu di level US$71 per barel memicu aksi beli terbatas hingga akhir tahun yang didorong oleh saham komoditas.

Saham Adaro Energy Tbk (ADRO) naik 1,79%, saham Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik 2,44%, dan saham Indika Energy Tbk (INDY ) naik 1,22%.

Selain itu, investor juga melirik saham-saham yang memang berbanding lurus dengan belanja akhir tahun masyarakat menjelang liburan. Seperti saham Astra Internasional Tbk (ASII) yang naik 0,59% dan saham barang konsumsi seperti Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang naik 3,77% dan saham Gudang Garam Tbk (GGRM) yang naik 2,02%.

Saham Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) membukukan gain tertinggi di antara konstituen BISNIS-27 pada perdagangan kemarin yaitu sebesar 6,61%. Ekspektasi kebutuhan semen yang meningkat di tahun 2010 dengan belanja infrastruktur pemerintah yang lebih fokus untuk meningkatkan infrastruktur ekonomi, menjadi penopang minat beli investor untuk saham INTP.

Saham perbankan serentak bergerak positif dengan ekspektasi naiknya permintaan kredit konsumsi masyarakat pada liburan akhir tahun.

Tidak ada komentar: