Kamis, Agustus 20, 2009

Indeks BISNIS-27 pada 20 Agustus 2009

Indeks BISNIS-27 kembali rebound pada perdagangan hari ini mengikuti pergerakan positif bursa regional Asia Pasifik termasuk indeks Shanghai China yang sehari sebelumnya mengalami koreksi tajam lebih dari 4%. Indeks BISNIS-27 ditutup menguat 2,38% ke posisi 208,09.

Koreksi indeks Shanghai kemarin diasumsikan investor sebagai masa konsolidasi bagi indeks tersebut untuk melaju lebih tinggi, mengingat hampir tidak ada faktor negatif yang membayangi perekonomian China di masa recovery dari krisis likuiditas seperti saat ini. Paket stimulus pemerintah China sebesar US$595 miliar semester I/2009 kemarin, setidaknya telah memberikan sentimen positif bagi indeks Shanghai tersebut dengan membukukan kenaikan di atas 70%.

Selain itu, aksi jual yang menerpa indeks BISNIS-27 dalam dua hari pertama perdagangan pekan ini yang membukukan koreksi signifikan sebesar 4,92%, dimanfaatkan oleh investor jangka menengah-panjang untuk mengkoleksi saham. Aksi beli mereka sempat tertahan sejak akhir Juli lalu hingga akhir pekan kemarin di mana indeks berada dalam tren bullish hingga membukukan gain sebesar 7,5%.

Pergerakan positif bursa regional Asia Pasifik hari ini juga memberikan sentimen positif sekaligus memicu investor yang berorientasi jangka menengah dan panjang untuk memborong saham indeks BISNIS-27.

Kenaikan harga bahan pokok dalam negeri seperti minyak goreng untuk kebutuhan puasa dan perayaan idul fitri mendongrak saham berbasis CPO seperti Astra Agro Lestari (AALI). Harga saham AALI ditutup menguat tipis 0,24% ke level Rp21.200 dipengaruhi harga minyak dunia yang melonjak ke level US$72 per barel setelah muncul laporan persediaan minyak Amerika Serikat (AS) yang turun 8,4 juta barel pekan lalu. Saham Medco Energi (MEDC) naik 3,36%, saham batu bara Indo Tambangraya Megah (ITMG) naik 3,86%.

Namun, investor tetap harus waspada dengan aksi profit taking jangka pendek yang dapat memperlemah lebih lanjut rupiah terhadap dolar AS. Meskipun pada perdagangan hari ini, indeks BISNIS-27 bergerak menguat, tetapi investor asing masih membukukan penjualan bersih yang jumlahnya meningkat dari Rabu kemarin. Hari ini, penjualan bersih investor asing senilai Rp103 miliar, sedangkan kemarin sebesar Rp61 miliar.

Tidak ada komentar: