Jumat, Januari 11, 2008

Saham beri gain signifikan ke pemodal

JAKARTA: Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia dua hari lalu terus memberikan gain yang signifikan bagi pelaku pasar dengan level indeks harga saham gabungan yang ditutup naik 1,6% dari perdagangan sehari sebelumnya ke level 2.830,26

Posisi itu merupakan level tertinggi yang pernah dicetak IHSG sepanjang sejarah. Kenaikan ini tidak terlepas dari sentimen positif perkembangan harga komoditas minyak sawit, seiring harga minyak yang diprediksi melanjutkan kenaikan melebihi US$100 per barel tahun ini.

Pergerakan harga minyak di bursa New York yang cenderung berada pada level US$97 per barel hingga perdagangan Rabu yang memberikan sinyal peningkatan permintaan dunia terhadap biofuel sebagai sumber energi alternatif yang menarik dan murah.

Peningkatan permintaan tersebut mendukung kenaikan harga minyak sawit di pasaran dunia.

Harga Minyak sawit di bursa Malaysia dua hari lalu menyentuh level US$980 per metrik ton, padahal pada akhir pekan kemarin masih berada di level US$955 per barel.

Ekspektasi lonjakan permintaan biofuel dan kenaikan harga minyak sawit di bursa Malaysia mendorong pelaku pasar dalam negeri untuk mengkoleksi saham emiten minyak sawit di Burs a Efek Indonesia

Harga saham Astra Agro Lestari naik 11% atau Rp3.250 ke posisi Rp32.950 per saham. Ekspektasi kenaikan penjualan Astra Agro Lestari ikut memberikan sentimen positif bagi peningkatan pendapatan induk perusahaannya yaitu Astra Internasional.

Sentimen itu memicu pelaku pasar untuk memburu saham Astra Internasional yang sejak kemarin bergerak naik ditopang penjualan PT Toyota Astra Motor yang mencatat pertumbuhan penjualan 22% pada tahun lalu.

Tidak ada komentar: