Kamis, Oktober 01, 2009

Indeks BISNIS-27 @ 1 Oktober 2009

Indeks BISNIS-27 berhasil menguat tipis pada perdagangan hari keempat pekan ini, meskipun didera oleh berita negatif gempa di Sumatera Barat. Penguatan indeks ditopang oleh saham-saham pertambangan dan minyak, serta infrastruktur dan perbankan. Indeks BISNIS-27 bergerak ke level 224,48 atau menguat 0,75% dari penutupan Rabu sebelumnya.

Saham Medco Energi Internasional (MEDC) bergerak menguat dengan membukukan gain harian yang cukup signifikan (6,03%) pada perdagangan Kamis ini setelah adanya aksi korporasi Medco Group untuk memperluas usaha ke sektor perkayuan dengan menggandeng LG International Corp. Pangsa pasar utamanya Korea Selatan dan China dengan produk utama yaitu wood chips (kepingan kayu) dan wood pellets (butir kayu) sebagai substitusi batu bara. Di kedua negara tersebut, mulai tahun 2012, wood chips dan wood pellets wajib dipakai minimal 3%-6% dari total bahan bakar.

Laju inflasi September yang cukup terkendali memberikan sentimen positif bagi investor untuk mengkoleksi beberapa saham yang sensitif dengan pergerakan suku bunga kredit perbankan. Laju inflasi September yang sebesar sebesar 1,05%, inflasi kalender Januari-September sebesar 3,46%, dan inflasi tahunan sebesar 4,86%.

Investor cukup optimis Bank Indonesia akan menjaga level BI rate tetap di posisi 6,5%, sehingga tidak akan menaikkan suku bunga perbankan. Di sisi lain, nilai rupiah terhadap dolar AS tetap berada dalam tren apresiasi yang ditopang oleh keyakinan investor terhadap perbaikan ekonomi global dan selisih yang cukup besar antara BI rate dengan suku bunga The Fed dan ECB (European Central Bank).

Tidak ada komentar: